Sambutan Ketua Lembaga

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada seluruh sivitas akademika Universitas Budi Luhur.

Dengan dilandasi semangat turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, serta filosofi “cerdas berbudi luhur”, unsur yayasan, pimpinan universitas dan stakeholders terkait menetapkan visi UBL yaitu “Menjadi universitas unggul dengan standar mutu tertinggi, yang dilandasi kecerdasan dan keluhuran budi, ditopang teknologi informasi dan komunikasi”. Di dalam visi UBL terkandung 3 (tiga) hal pokok yang menjadi kunci dan roh bagi setiap kebijakan, strategi, program kerja dan aktivitas Universitas Budi Luhur. Ketiga hal tersebut yaitu universitas unggul; landasan kecerdasan dan keluruhan budi; dan dukungan teknologi informasi dan komunikasi. Secara formal, berdasarkan visi UBL ditetapkan misi, tujuan dan sasaran universitas, yang dipatuhi oleh setiap unit di UBL.

Dalam rangka mewujudkan visi, misi dan tujuannya, UBL telah menyusun, menetapkan dan mengembangkan sistem tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil. Struktur organisasi disusun secara efektif dan efisien sesuai amanah PP No. 04 Tahun 2014 tentang Penyelengaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, yang terdiri dari 8 (delapan) unsur utama yaitu dewan pembina, unsur universitas, senat, pelaksana akademik, pelaksana administrasi, penjaminan mutu dan pengawasan, unsur penunjang, dan unsur perencanaan dan pengembangan. Untuk menjamin terselenggaranya sistem kepemimpinan dan sistem pengelolaan organisasi yang efektif, UBL menyusun dan menetapkan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal yang dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan. Keberadaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), yang didukung sistem pengelolaan organisasi yang berstandar ISO 9001:2015, serta keterlibatan lembaga eksternal seperti BAN-PT, ISO 9001:2015 (PT. URS Indonesia), dan Lembaga Audit Keuangan Eksternal; telah mendukung terlaksananya sistem penjaminan mutu bagi seluruh unit di UBL.

Akhir kata, semoga kami LPM Universitas Budi Luhur dapat mewujudkan sistem penjaminan mutu di Universitas Budi Luhur yang berkelanjutan, dilandasi keluhuran budi dan ditopang teknologi informasi dan komunikasi yang handal.

Salam Budi Luhur!

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Dr. Achmad Solichin, S.Kom., M.T.I.
Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
Universitas Budi Luhur

WhatsApp chat