Lembaga Penjaminan Mutu UBL Menyelenggarakan Pelatihan Auditor Audit Mutu Internal Berbasis SPMI

Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Budi Luhur menyelenggarakan Pelatihan Auditor AMI Berbasis SPMI selama 2 (dua) hari pada tanggal 25 sampai dengan 26 Juni 2024,  di ruang 4.3.1 Universitas Budi Luhur. Narasumber pada Pelatihan ini merupakan Fasilitator  SPMI Nasional Kemendikbudristek, Dr. Ir. Desiana Vidayanti, M.T. dan Peserta yang mengikuti Pelatihan ini diantaranya: STIE Wiyatamandala, Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia (STPI), Universitas Gunadarma, Universitas Paramadina, Universitas LIA, STIE Dharma Bumiputera, Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta, Institut Teknologi Calvin, Universitas Bina Nusantara dan Universitas Budi Luhur.

Acara ini dihadiri langsung Kepala LLDIKTI Wilayah III, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. Beliau menyampaikan kualitas SPMI merupakan cerminan dari komitmen perguruan tinggi untuk selalu melakukan perbaikan yang berkelanjutan, dari segi penilaian akreditasi, baik yang dilakukan BAN-PT maupun LAM, AMI merupakan salah satu bentuk evaluasi yang sering di rekomendasikan karena sifatnya yang komprehensif dan menyeluruh dalam mengevaluasi semua standar yang dimiliki perguruan tinggi dan untuk menjadi seorang Auditor AMI yang baik, dibutuhkan dua hal yaitu kecakapan dan pengalaman, pelatihan pada hari ini bertujuan untuk menghasilkan kecakapan, sementara pengalaman dapat di peroleh dari kesertaan seseorang dalam proses audit,  baik sebagai lead, anggota, bahkan observer;

Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif dari Universitas Budi Luhur untuk menjadi host dalam penyelenggaraan Pelatihan Calon Auditor AMI. Melalui laman spmi.kemdikbud.go.id, Universitas Budi Luhur terpantau senantiasa melaksanakan evaluasi melalui AMI secara konsisten setiap tahunnya, dan senantiasa menindaklanjuti berbagai temuan melalui Rapat Tinjauan Manajemen. Beliau juga mengapresiasi ilmu, waktu, semangat serta inspirasi dari Ibu Dr. Desiana selaku Narasumber yang terus membantu LLDikti dalam memberikan berbagai fasilitasi mutu ke perguruan tinggi.

Rektor Universitas Budi Luhur, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. yang memberikan sambutannya di awal acara mengucapkan terima kasih disampaikan kepada para peserta yang telah memilih untuk mengikuti pelatihan ini atas dedikasi dan komitmen peserta dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas diri sebagai Auditor AMI. Prof Agus berpesan kepada peserta, “Semangat dan tetap fokus. proses belajar bukanlah tujuan akhir, namun ini investasi untuk masa depan. Yakin dan miliki semangat pantang menyerah dan tekad untuk terus belajar, semua akan berhasil melewati setiap tantangan yang ada di depan dan lulus dengan gemilang dari pelatihan ini. Selamat menikmati setiap momen dalam pelatihan ini dan meraih kesuksesan yang didambakan”.

Pelatihan calon auditor AMI berbasis  SPMI yang diselenggarakan di Universitas Budi Luhur ini bertujuan agar auditor dapat memahami konsep dasar audit mutu internal, dapat merencanakan pelaksanaan audit mutu internal, melaksanakan audit dokumen, melakukan audit lapangan, memahami etika auditor, membuat rencana tindak lanjut, dapat membuat laporan audit, dan optimalisasi AMI pada era 4.0.

Output dari kegiatan Pelatihan Auditor AMI adalah untuk menghasilkan Auditor Internal Penjaminan Mutu yang kompeten yang dapat ditugaskan oleh institusinya masing-masing dalam pelaksanaan AMI. Salah satu ukuran untuk dapat dinyatakan lulus sebagai Auditor yang kompeten adalah peserta harus mengikuti ujian dengan mencapai nilai minimum yang telah ditetapkan. Selain itu juga harus mengikuti semua sesi diskusi, Pre Test, Post Test, kerja kelompok, praktek audit, dan mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh narasumber. Pelatihan Auditor AMI diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang wajib dilaksanakan untuk memenuhi syarat Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Di penghujung acara pelatihan auditor AMI berbasis SPMI, narasumber memilih 2 (dua) peserta terbaik. Adapun peserta terbaik yaitu Achmad Syarif, S.T., M.Kom. dari Universitas Budi Luhur (UBL) dan Voice Esther Ticoalu,S.Kom., M.T. dari Universitas Bina Nusantara (Binus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Admin Keluhan Pelanggan