Sosialisasi Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi Versi 3.0 di Universitas Budi Luhur

Senin, 12 November 2018 Lembaga Penjaminan Mutu menyelenggarakan Sosialisasi Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) versi 3.0.
Bertempat di Ruang Rapat Rektorat kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, para Deputi Rektor, para Dekan, para Ketua Program Studi serta para Direktur di lingkungan Universitas Budi Luhur. Paparan sosialisasi dilakukan oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Budi Luhur Bapak Dr. Achmad Solichin, S.Kom., M.T.I.
Ketua LPM mensosialisasikan perubahan versi terbaru dengan sebelumnya yaitu terletak pada Buku intrumen. Saat ini APT versi 3.0 mensyaratkan 2 buku, yaitu Buku 1 berisi Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) selama masa pelaporan yang menuangkan data kuantitatif per standar. Buku 2 berisi Evaluasi Diri (ED) merupakan dokumen evaluasi yang disusun secara komprehensif sebagai bagian dari pengembangan institusi, yang tidak hanya menggambarkan status capaian masing-masing kriteria, tetapi juga memuat analisis atas ketercapaian atau ketidaktercapaian suatu kriteria. Perguruan Tinggi diharapkan menemukenali kekuatan yang dimiliki serta aspek yang perlu mendapat perbaikan. Perguruan Tinggi harus melakukan analisis dan menetapkan program pengembangan institusi yang akan digunakan sebagai basis penilaian pada siklus akreditasi berikutnya.
Selanjutnya Ketua LPM juga menyampaikan kriteria penilaian per masing-masing butir standar berdasarkan matriks penilaian yang dikeluarkan oleh BAN-PT yang dapat diunggah pada situsnya.

Prinsip dan Fitur Utama pada Instrument 2018
1. Prinsip Utama
– Effective untuk mengukur mutu dan mendorong peningkatan mutu secara berkelanjutan
– Relevan dengan konteks nasional
– Dapat diterapkan dalam lingkungan Pendidikan tinggi di Indonesia
2. Fitur Utama
– Berorientasi pada outputs dan outcomes
– Membantu PT untuk mengenali kekuatan dan kelemahan
– Didasari oleh Indikator dan Laporan Evaluasi Diri

Standar APT versi 3.0
1.Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
2.Tatapamong, manajemen, dan kerjasama
3.Mahasiswa
4.Sumber daya manusia
5.Keuangan, aset dan fasilitias
6.Pembelajaran
7.Penelitian
8.Pengabdian pada masyarakat
9.Luaran dan dampak

APT versi 3.0 akan mulai diberlakukan pada Oktober 2018, dan kondisi saat ini Universitas Budi Luhur sudah terakreditasi B oleh BAN-PT hingga kurun waktu Juni 2023. Sosialisasi ini diharapkan agar para pihak terkait di lingkungan Universitas Budi Luhur dapat mempersiapkan re-akreditasi berikutnya dengan lebih matang dengan menggunakan standar terbaru APT versi 3.0.

Download Materi Sosialisasi

Foto Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat