Sosialisasi Instrumen Akreditasi Progaram Studi (IAPS) Versi 4.0 di lingkungan Universitas Budi Luhur

Selasa, 22 Januari 2019 pukul 09.00 s/d 11.00 WIB bertempat di ruang rapat Rektorat Universitas Budi Luhur (UBL), Lembaga Penjaminan Mutu melakukan sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 4.0 kepada unsur akademik yaitu Rektor, Deputi Rektor, Dekan dan Ketua Program Studi di lingkungan Universitas Budi Luhur.

Acara dibuka dengan sambutan Rektor UBL Prof. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto yang menyampaikan tentang perubahan yang sebelumnya 7 standar menjadi 9 standar serta pentingnya program studi di lingkungan UBL untuk segera mempersiapkan dokumen-dokumen terkait dengan perubahan IAPS Versi 4.0 agar program studi di lingkungan UBL dapat meningkatkan nilai akreditasi menjadi unggul sesuai dengan visi dan misi UBL yang telah ditetapkan.

Sosialisasi ini dipaparkan langsung oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Dr. Achmad Solichin, S.Kom., M.T.I. yang sebelumnya telah mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan oleh BAN-PT.
Ketua LPM menyampaikan perbedaan mendasar antara borang akreditasi versi tahun 2008 dan 2009 dengan IAPS versi 4.0 atau terbaru untuk tahun 2019.
IAPS versi 4.0 akan dimulai pada 1 April 2019, sehingga program studi yang akan melakukan reakreditasi dan disubmit setelah 1 April 2019 maka sudah menggunakan standar baru.
Agenda sosialisasi :

  • Tentang Instrumen APS 4.0
  • Penyusunan Laporan Evaluasi Program Studi (LED PS)
  • Penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS)
  • Proses Penyusunan LED

Akan ada 2 dokumen yang akan disubmit yaitu:

  1. Buku 1 LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) berisi data kuantitatif, data secara bertahap akan diambil dari PDDIKTI (Tahun 2022, 100% membaca dari data PDDIKTI)
  2. Buku 2 LED (Laporan Evaluasi Diri)

Untuk selanjutnya Materi Sosialisasi IAPS 4.0 dan  Materi dari BAN-PT serta draft Panduan Penyusunan LKPS dan LED Program Studi, dapat diunduh pada link berikut:
Download Materi

Foto-foto Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat