Pelatihan dan Penyamaan Persepsi Auditor Audit Mutu Internal (AMI) Universitas Budi Luhur

Pada hari kamis, 19 Mei 2022 pukul 13.00 – 14.30 WIB, Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Budi Luhur menyelenggarakan Pelatihan dan Penyamaan Persepsi Auditor Audit Mutu Internal (AMI) Universitas Budi Luhur. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring menggunakan zoom meeting. Sebagai pembicara dalam kegiatan pelatihan ini oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. Achmad Solichin, S.Kom., M.T.I. Kegiatan ini diikuti oleh masing-masing perwakilan Auditor Gugus Kendali Mutu (GKM) Fakultas di lingkungan Universitas Budi Luhur dan Auditor Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Budi Luhur.

Diawal acara Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. Achmad Solichin, S.Kom., M.T.I menyampaikan bahwa tugas menjadi auditor dianggap setengah pengabdian, karena bertujuan untuk meningkatkan mutu di Universitas Budi Luhur.

Sesuai dengan amanah Undang-undang, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi yang berlaku di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, ada dua jenis, yaitu SPMI dan SPME. SPMI sendiri merupakan representasi sistem penjaminan mutu di internal perguruan tinggi dimana tahapan-tahapannya ada lima, yaitu Penetapan Standar Dikti, Pelaksanaan Standar Dikti, Evaluasi Standar Dikti, Pengendalian Standar Dikti dan Peningkatan Standar Dikti (PPEPP). Pelaksanaan Audit Mutu yang dilaksanakan merupakan tahapan dari Evaluasi Standar yang sudah ditetapkan oleh perguruan tinggi, khususnya di Universitas Budi Luhur. Sedakangkan SPME hanya memiliki tiga tahapan, yaitu Evaluasi Data dan Informasi, Penetapan Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi serta Pemantauan dan Evaluasi Status Akrediasi dan Peringkat Terakreditasi (EPP) yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi.

Tujuan besar dari Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi adalah budaya mutu yang baik yang berdasarkan standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Admin Keluhan Pelanggan