Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Sistem Komputer Universitas Budi Luhur

Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur telah melaksanakan asesmen lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika & Komputer (LAM INFOKOM) pada tanggal 3 Maret 2024 hingga 5 Maret 2024. Asesmen lapangan ini diselenggarakan secara luring dengan tim asesor yaitu Dr. Amil Ahmad Ilham, ST., M.IT dari Universitas Hasanuddin dan Joko Triloka, S. Kom., M.T., Ph.D. dari Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.

LAM INFOKOM merupakan lembaga mandiri yang dibentuk dan diprakarsai oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), Association for Information Systems Indonesia (AISINDO), Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society (INDOCEISS) dan didukung oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), dan Masyarakat Telekomunikasi (Mastel). Tujuan umum dibentuknya LAM INFOKOM adalah melaksanakan proses akreditasi program studi bidang informatika dan komputer dan menjamin pemenuhan standar pendidikan tinggi secara sistemik dan berkelanjutan sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pendidikan tinggi.

Pada hari pertama kegiatan ini diawali dengan seremoni pembukaan kegiatan asesmen lapangan, dihadiri oleh Ketua Yayasan Budi Luhur Cakti, Rektor Universitas Budi Luhur , Deputi Rektor, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dekan Fakultas Teknologi Informasi, Ketua Program Studi Sistem Komputer, dan tim akreditasi yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan. Agenda dilanjutkan denganĀ  pembacaan dan penandatanganan pernyataan asesmen lapangan yang diteruskan dengan mengunjungi ruang kelas, ruang dosen, laboratorium dan fasilitas sarana prasarana yang lain yang ada di Program Studi Sistem Komputer, dan dilanjutkan pembahasan kriteria pada Laporan Kinerja Program Studi dan Laporan Evaluasi Diri.

Asesmen lapangan dilanjutkan pada hari kedua dengan agenda wawancara dengan Dosen, Tenaga Pendidikan, Mahasiswa, Alumni, dan Pengguna Lulusan, serta diakhiri dengan penyampaian dan penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan penyampaian umpan balik serta saran pembinaan akreditasi oleh Tim Asesor LAM INFOKOM.

Asesmen ini merupakan langkah penting untuk menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik di bidang akademik maupun non-akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat. Program Studi Sistem Komputer Universitas Budi Luhur berkomitmen penuh untuk menjamin pemenuhan standar pendidikan tinggi secara sistemik dan berkelanjutan sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pendidikan tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Semoga Program Studi Sistem Komputer Universitas Budi luhur mendapatkan hasil yang positif dari asesmen lapangan kali ini, dan menjadi program studi dengan predikat Unggul.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Admin Keluhan Pelanggan